Thursday, May 23, 2013

Mengenal Program Adobe Flash CS5

Pada artikel yang pertama ini saya akan berbagi mengenai Cara menjalankan Adobe Flash dan fungsi Tool-tool yang tedapat dalam Adobe Flash CS5. Mungkin bagi orang yang sudah bisa artikel ini tidaklah penting tapi bagi para pemula pengguna adobe flash mungkin dapat bermanfat. Oke langsung saja simak penjelasan berikut ini sampai selesai:

1.1. Membuka Program Adobe Flash Pro CS.5 
Langkah untuk menjalankan Adobe Flash Pro CS5, tekan tombol Start > All Program > Adobe > Adobe Flash Professional CS5.

1.2. Tampilan Program Adobe Flash CS5
 

Create from template: Berguna untuk membuka lembar kerja dengan template yang tersedia dalam program Adobe Flash CS 5 Open a Recent Item: Berguna untuk membuka kembali file yang pernah Anda Simpan atau pernah Anda buka sebelumnya Create New: Berguna untuk membuka lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang tersedia Learn: Berguna untuk membuka jendela Help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah.

1.3. Untuk masuk ke lembar kerja kita pilih Create New, silakan pilih menu sesuai dengan kebutuhan. Misal Pilih Menu ActionScript 2.0
 

1.4. Lembar Kerja Adobe Flash CS. 5
 

1.5. Pengenalan Tool dalam Adobe Flash CS. 5 
Beberapa komponen kerja program Adobe Flash CS5 telah ditampilkan sebagai tampilan standart. Masih banyak lagi komponen yang masih tersembunyi sehingga memerlupan perintah tertentu untuk menampilkannya. Anda dapat mengatur komponen di dalam program Adobe Flash CS5 sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa komponen kerja dari Adobe Flash CS5

1.5.1. Toolbox
  


1.5.2.    Timeline
Timeline berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, frame, menempatkan script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang Anda buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.

 1.5.3.    Output

1.5.4.    Compiler Errors

1.5.5.    Motion Editor
Motion editor berguna untuk melakukan control animasi yang telah dibuat seperti : mengatur motion, transformasi, pewarnaan, filter dan parameter animasi lainnya.

1.5.6.    Stage / Lembar Kerja
Stage adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek vector, movie clip, text, button dan lain-lain.


1.5.7.    Properties, Library
Panel properties berguna untuk menampilkan parameter dari sebuah tombol yang terpilih sehingga Anda dapat memodifikasi dan memaksimalkan fungsi dari  tombol tersebut. Panel properties menampilkan parameter sesuai dengan tombol yang terpilih.

1.5.8.    Color, Swatches

1.5.9.    Align, Info, Tranform

1.6.    Menggunakan Ruler
Fitur ruler digunakan untuk mempermudah Anda dalam mengatur penempatan dan posisi objek di dalam lembar kerja. Penggunaan ruler tidak akan lepas dari yang namanya Guides.
Untuk menampilkan ruler dalam lembar kerja, klik menu View>Rulers atau tekan Ctrl+Alt+Shift+R.


1.7.    Menampilkan Guides
Guides adalah garis bantu yang digunakan untuk membantu mengatur posisi objek. Caranya adalah sebagai berikut :
a. Aktifkan Selection Tool
b. Pastikan ruler sudah tampil dalam lembar kerja
c. Letakkan pointer mouse pada Horizontal Ruler untuk membuat guide horizontal dan letakkan pointer mouse pada Vertical Ruler untuk membuat guide vertical ruler.
d. Selanjutnya klik tahan dan geser pointer mouse kea rah tengah lembar kerja di posisi yang diinginkan untuk meletakkan guides.

1.8.    Penyimpanan File

1.9.    Mengenal istilah dalam program Adobe Flash CS5

Demikian postingan artikel kali ini mengenai Cara menjalankan Adobe Flash dan fungsi Tool-tool yang tedapat dalam Adobe Flash CS5 semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat khususnya bagi para pemula.

Artikel Terkait

1 comment: